PASAR DESA PADAMENAK TERKESAN ASAL ASALAN

0





   Kuningan (P S N)Patrolisidaknews.com

   Pekerjaan pengaspalan di area parkir pasar Desa Padamenak terkesan asal- asalan. Hal ini terlihat jelas, dimana lapisan permukaan (lapis aspal atas ) terliahat tidak rata , bahkan dibeberapa bagian permukaan mengalami keretakan dan terkrlupas , begitu penilaian sumber Sabara News saat melihat hasil pekerjaan proyek tersebut. 

    Melihat kondisi ( hasil ) pekerjaan yang seperti itu,  

Sumber Sabara News yang juga seorang konsultan dan pengamat pekerjaan sipil menilai kalau pekerjaan pengaspalan kurang menenuhi standar dan prestasi pekerjaan. Tetapi inipun harus dipastikan dulu, pekerjaan itu latasir atau hotmix. Biar bisa dievaluasi . Meskipun latasir atau hotmik , hasil pekerjaan pengaspalan parkiran Pasar Desa Padamenak, sepintas saja sudah terlihat kurang bagus" nilainya.


Lanjutnya " Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kwalitas pekerjaan, diantaranya kemampuan pelaksana pekerjaan / pemborong dalam melaksanakan kewajiban pekerjaan agar sesuai bestek atau standar pekerjaan. Hal lainnya, bisa saja dari aspek pembiayaan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan.

         Salah seorang warga Desa Padamenak yang minta dirahasiakan namanya ikut menyikapi kondisi pekerjaan yang bisa dinilai asal- asalan itu, " Hemat saya, peran pengawasan internal seharusnya lebih jeli lagi . " Misalnya peran lembaga desa seperti BPD dan LPM. BPD dan LPM jangan cuma mau nerima honor , tetapi tidak maksimal dalam bekerja. Mereka seharusnya lebih berperan lagi dalam menyikapi dan mengevaluasi setiap penggunaan anggaran. Begitupun instansi dan dinas terkait seperti kecamatan, DPMD dan Inspektorat daerah yang harus ikut bertanggung jawab dalam pengawasan penggunaan anggaran pemerintahan desa. Kades sebagai pengguna dan kuasa pengguna anggaran harus lebih bertanggung jawab lagi dalam tata kelola keuangan desa. Harus lebih terbuka dan transparan. Contoh kecil saja, untuk belanja kegiatan pengasapalan area parkir pasar desa, pemerintah desa tidak mau memasang Papan Pelaksanaan Pekerjaan, sehingga biaya pekerjaan ,sumber pembiayaan dan jenis pekerjaan tidak diketahui publik. Padahal, menurut aturan untuk setiap pekerjaan yang menggunakan dana pemerintah plang atau papan pekerjaan harus dipasang " jelasnya 

    "


Jadi untuk kasus tidak terpenuhinya prestasi pekerjaan pengaspalan di area parkir pasar Desa Padamenak, penyebabnya bisa dari aspek pembiayaan , dalam aspek perencanaan atau RAB , begitupun bisa dalam proses pelaksanaan pekerjaannya . Dan yang tidak kalah penting lagi yaitu dalam pengawasan pelaksanaan pekerjaan saat digelar ," jelas sumber Sabara . ( tim)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)