Pers Sebagai Control Social Kinerja Aparatur Desa.

0

 


Kuningan,(P S N) Patrolisidak news. Com Kebebasan pers akan semakin kuat, dengan berpedoman pada UU RI Nomor 40/1999 tentang pers, kemerdekaan pers dijamin sebagai hak azasi Negara. Melalui kebebasan pers masyarakat dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintah, sehingga muncul mekanisme check and balance, kontrol terhadap kekuasaan, maupun masyarakat sendiri, selasa(09/04/2024)


Pers sangat penting bagi seluruh ruang lingkup kehidupan di dunia, pers merupakan pilar keempat demokrasi, melengkapi eksekutif, legislatif, dan yudikatif,diera digital ini wartawan yang bertugas di Pedesaan khususnya, harus terus bersemangat membantu masyarakat memberitakan kondisi ekonomi dan sosial. Oleh sebab itu penting artinya kerjasama yang baik dan saling terbuka antara perangkat desa dan awak media, jurnalis, maupun wartawan. Sehingga sudah tidak zamannya lagi aparatur desa bermain kucing-kucingan ketika para awak media membutuhkan informasi dan transparansi.


Karena kini UU Informasi Publik juga telah mengharuskan keterbukaan dan transparansi Kinerja Abdi Masyarakat tersebut. Meskipun fakta di lapangan masih kita temukan ‘oknum Perangkat desa yg terkesan tertutup bahkan tidak ‘welcome terhadap wartawan salah satunya sebagai contoh di duga Desa Puncak kec.Cigugur kabupaten kuningan terkait temuan anggaran pos kesiap Siagaan dan ketika rekan wartawan ingin klarifikasi hal tersebut oknum atau salah satu perangkat desa puncak sangat sulit ditemui, ketika awak media bekerja sesuai tupoksi yaitu terjadi pemberitaan atas dasar temuan san hasil investigasi dengan mudahnya salah satu oknum desa meminta untuk segera menghapusnya padahal sebelumnya sudah beberapa kali meminta waktu untuk wawancara klarifikasi.

Pejabat Publik yang layak untuk dimintai keterangan yang ada hubungannya dengan kepentingan publik. Contoh lagi adalah masih saja ada ‘oknum perangkat desa yang menganggap wartawan sebagai ‘pengemis yang layak dibayar dengan uang receh ketika seorang wartawan berkunjung dan melakukan tupoksinya sebagai control social seputar perkembangan pedesaan. Atau juga attitude atau perilaku ‘staf staf kantor desa yang Nampak ‘sepele ketika seorang wartawan bertandang ke kantor desa.


Nampak sekali bahwa staf desa semacam itu tidak memiliki wawasan luas tentang peran pentingnya pers dalam perjuangan mensejahterakan pembangunan Pedesaan. Namun juga banyak rekan-rekan aparat desa yang support dan antusias bersinergi dengan para wartawan media Karena mereka sadar betul peran media sangatlah penting sebagai control social kinerja melayani masyarakat pedesaan . 


(Wida Sabara)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)