PPK Situraja Diduga Bermain Dalam Penggelembungan dan Pergeseran Suara di TPS 1 Cicarimanah dan TPS 6 Situraja

0


SUMEDANG, PatroliSidakNews -
Dugaan Pengalihan Suara Calon di TPS1 Desa Cicarimanah dan TPS 6 Desa Situraja, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang di Laporkan ke Bawaslu, Kamis (29/02/2024) 


Isu dugaan penggelembungan dan pergeseran suara, ditemukan pada hasil Pleno Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, ditemukan perbedaan pada Form D hasil tanggal 21 Februari 2024 yang disaksikan oleh saksi dari beberapa partai, dengan Form D hasil tanggal 22 Februari 2024 yang tidak di ketahui oleh saksi partai, tentu saja dianggap janggal dan aneh.  


Dugaan penggelembungan dan pergeseran suara tersebut sesuai dengan temuan Tim Media Fast Respon Polri.


Ketua Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Situraja Dedi Wardiat, S.Pd., M.Pd., saat di hubungi Tim Media Fast Respon Polri melalui pesan WhatsApp untuk mendapatkan klarifikasi dan penjelasan terkait dugaan diatas,  menyampaikan bahwa Itu salah input, ketika selesai jam 04.00, dan para saksi membawa Form D hasil, hari itu juga dicek ternyata ternyata salah penempatan harusnya masuk paslon 3, ini masuk paslon 2, kemudian di betulkan diketahui panwas, sesuai Form C hasil yang bersangkutan, kata Dedi, 


"Hal ini menunjukkan kejanggalan, karena kalau ada salah input harusnya saat merubah harus disaksikan oleh para saksi juga".


Tim Media Fast Respon Polri menduga, adanya permainan dari PPK kecamatan setempat, Sementara itu Ketua Fast Respon Polri DPD Jabar Deden Hardening meminta Bawaslu Sumedang dan KPU Sumedang untuk segera mengusut tuntas dan mengambil tindakan terhadap semua yang terlibat dalam dugaan kongkalikong tindakan manipulatif ini. "Kami menduga ada cara sistematis yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara Kecamatan Situraja, untuk menggeser suara kepada seorang caleg di dalam satu Partai," kata Deden.


Deden berharap publik terus terlibat aktif dalam menjaga suara-suara yang kini masih terus dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. "Kita tidak ingin suara rakyat dipermainkan oleh oknum-oknum politisi culas yang menggunakan segala cara untuk menang," ujar Deden. Ia berjanji, bakal melakukan klarifikasi kepada Ketua DPC PKS Sumedang atas kejadian ini. 


Dan kecurangan ini, lanjut Deden, diduga tidak berdiri sendiri sangat mungkin ada upaya oknum Pengurus PAC PKS Situraja. "Kami akan berkomunikasi dengan DPP, DPW PKS dan pimpinan untuk menyampaikan agar mengambil tindakan dari temuan diatas, siapapun yang terlibat," katanya


(Tim Fast Respon Polri)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)