PatrolisidakNews.com
 || Sumedang - Diskusi Ringan Menjelang Pemilu "Kuring Milu" Menjaga Kondusif Pemilu 2024 adalah tema yang diangkat dalam kegiatan ini, digagas oleh IJTI Suma (Sumedang-Majalengka) bersama Polres Sumedang merupakan wujud sinergitas Polri dan unsur media jurnalistik khususnya IJTI Suma untuk membuka ruang diskusi dan tatap muka antara penyelenggara Pemilu dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Sumedang. (16/01/2023)


Kegiatan tersebut diselenggarakan di Cafe Zazi Jl. Kutamaya 77 Kel. Kota Kulon Kab. Sumedang yang berlangsung dari pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 13.30 WIB, acara ini dihadiri oleh Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono, S.I.K., diwakili Kasi Humas AKP Awang Munggardijaya, S.H., dihadiri pula Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi, S.Ip., M.Si., Ketua Bawaslu Sumedang Ade Adrianta Sinulingga, Ketua IJTI Jabar Iqwan Sabba Romli, Ketua IJTI Suma Beben HVA, Ketua PWI Sumedang Ade Sadeli, komunitas Medsos Sumedang, unsur mahasiswa dari UPI, UNSAP, UNWIM, UNPAD.


Saluran komunikasi dan dialog interaktif melalui kegiatan tersebut menjadi pencerahan dan penyampaian aspirasi dari unsur mahasiswa serta media televisi (IJTI) untuk menyikapi dan mengawal jalannya Pemilu 2024 di wilayah Kab. Sumedang. 

Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono, S.I.K., melalui Kasi Humas AKP Awang Munggardijaya, S.H., memberikan paparan bahwasanya "Hambatan dan ancaman yang mungkin terjadi pada Pemilu 2024 mulai dari hoax, disinformasi yang berkembang menjadi cyber bullying, ujaran kebencian di medsos, berlanjut ke pengerahan aksi massa yang di tunggangi kelompok tertentu membuat suasana rasa aman terganggu, ancaman polarisasi di masyarakat karena perbedaan pilihan berdasar sentimen SARA". Ujar AKP Awang. 


Data Kemenkoinfo Tahun 2019 (jelang Pilpres) mengidentifikasi 3.901 hoaks, langkah-langkah Polres Sumedang dalam menghadapi Pemilu 2024 tentunya sudah sejak awal sudah dipersiapkan dengan kegiatan Kepolisian yang bersifat preemtif, preventif dan refresif". Lanjut AKP Awang

"Dengan membuka saluran-saluran komunikasi antara masyarakat dengan Polres Sumedang dan jajaran Polsek baik berupa DM messenger akun medsos official, nomor Whatsapp pelayanan, memberikan keterbukaan informasi serta penyelesaian masalah dengan cepat dan tepat, namun terkait penanganan pelanggaran Pemilu yang di kedepankan adalah Bawaslu Sumedang, yang sifatnya koordinasi dengan Polres Sumedang".  Lanjut AKP Awang


"Kami mengajak unsur elemen mahasiswa dan awak media untuk mengawal Pemilu 2024 dengan menjadi pendingin "Cooling System" bagi pihak-pihak yang berpotensi membuat gaduh, konflik, agar jalannya Pemilu 2024 berjalan damai, aman dan sejuk". pungkas AKP Awang

Puncak kegiatan tersebut dengan acara "Deklarasi Bersama Pemilu Anti Hoax, Anti Provokasi, Tanpa Politik Identitas" dengan menandatangani bersama-sama spanduk Deklarasi tersebut.


REDAKSI
#Bidhumas Polres Sumedang Polda Jabar